Garuda Documents : OTONOMI PENGELOLAAN ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH: BAGAIMANAKAH DAMPAK TERHADAP KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI JAWA TENGAH?

TitleOTONOMI PENGELOLAAN ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH: BAGAIMANAKAH DAMPAK TERHADAP KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI JAWA TENGAH?
Author Order1 of 4
Accreditation4
AbstractPenelitian ini bertujuan hendak menganalisis pengaruh otonomi pengelolaan keuangan pemerintah daerah terhadap ketimpangan antar wilayah kabupaten dan kota di Jawa Tengah serta menganalisis pemetaan wilayah yang memiliki prioritas pembangunan pada indikator sosial dan ekonomi dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA). Penelitian ini menggunakan variabel pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, angka partisipasi kasar pendidikan sekolah menengah atas (SMA), Indeks Williamson, Belanja pemerintah pada bidang pendidikan. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel dengan obyek penelitian 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah pada periode tahun 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel belanja pemerintah daerah terhadap ketimpangan antar wilayah di Indonesia. Berdasarkan mapping dengan menggunakan PCA dapat diketahui bahwa kabupaten/kota di Jawa Tengah terbagi menjadi 3 klaster pengelompokan wilayah berdasarkan indikator sosial dan ekonomi. Kata kunci: Otonomi Alokasi Anggaran, Ketimpangan Antar Wilayah, Principal Component          Analysis (PCA).
Publisher NameIAIN Syekh Nurjati Cirebon
Publish Date2020-12-07
Publish Year2020
DoiDOI: 10.24235/jm.v5i2.7403
Citation
SourceAl-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah
Source IssueVol 5, No 2 (2020)
Source Page149-159
Urlhttps://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/view/7403/3342
AuthorDrs HERMAN SAMBODO, M.P
File2015384.pdf