Title | Aplikasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Salat bagi Siswa Sekolah Dasar |
Author Order | 1 of 2 |
Accreditation | 2 |
Abstract | Penggunaan media manual berbasis buku dan papan tulis memberikan beberapa permasalahan pada proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, Di Sekolah Dasar Insan Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Al Kautsar yang menggunakan media manual untuk pembelajaran salat memiliki masalah mengenai tingkat minat dan tingkat pemahaman siswa yang kurang tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mengenai materi salat yang dapat membantu pihak sekolah agar mempunyai metode yang baru dan menarik dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terutama untuk materi Salat. Teknologi utama yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Augmented Reality (AR). Dalam kasus ini, Augmented Reality (AR) digunakan untuk memvisualisasikan materi Salat dalam bentuk 3D yang diproyeksikan pada tablet atau smartphone. Objek 3D juga diberi animasi agar terkesan realistis dan interaktif. Aplikasi ini membantu memvisualisasikan gerakan salat dalam bentuk 3D animasi. Aplikasi terdiri dari 2 menu, yaitu menu âÂÂPlay ARâ dan âÂÂQuizâÂÂ. Hasil uji blackbox menunjukkan hasil valid yang berarti aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi dapat berjalan baik pada smartphone dengan sistem operasi minimal Kitkat. Rata-rata hasil uji validasi ahli sebesar 86% yang berada pada kategori âÂÂSangat BaikâÂÂ. Hasil dari User Acceptance Test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 89.88% dengan kategori âÂÂSangat BaikâÂÂ. Penggunaan aplikasi AR pembelajaran salat dapat meningkatkan minat belajar siswa serta tingkat pemahaman siswa terhadap materi Salat yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi.AbstractThe use of manuals media, such as books and whiteboard, provides several problems in the learning process in schools. Based on the survey that has been done At the Sekolah Dasar Insan Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Al Kautsar, which uses manuals media for salat learning, there are problems with the level of interest and the level of student understanding that is not quite high. This research aims to develop a learning media about salat that is to help schools to have new and interesting methods in learning activities in the classroom, especially for Salat subject. The main technology used in this application is Augmented Reality (AR). In this case, Augmented Reality (AR) are used for visualizing the Salat material in 3D object that will be projected on smartphone. 3D object are animated to make it more realistic and interactive. Eventually, this application illustrate the motion of salat in 3D animation object. The application consists of 2 menus, namely âÂÂPlay ARâ and âÂÂQuizâ menus. Blackbox test results show valid results, which means the application is as expected. The application can run well on smartphones with a minimum Kitkat operating system. The average expert validation test results are 86% in the âÂÂVery Goodâ category. The results of the User Acceptance Test show an average value of 89.88% with the âÂÂVery Goodâ category. The use of the Salat Learning AR application can improve student learning interest and the level of student understanding of the Salat subject which is indicated by an increase in the value before and after using the application.àà|
Publisher Name | Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
Publish Date | 2021-02-04 |
Publish Year | 2021 |
Doi | DOI: 10.25126/jtiik.0812182 |
Citation | |
Source | Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
Source Issue | Vol 8, No 1: Februari 2021 |
Source Page | 7-14 |
Url | http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/downloadSuppFile/2182/1925 |
Author | Ir. YOGIEK INDRA KURNIAWAN, S.T, M.T |
File | 1999091.pdf |
---|