Garuda Documents : Desain Iklan Layanan Masyarakat Pemerintah

TitleDesain Iklan Layanan Masyarakat Pemerintah
Author Order of
Accreditation
AbstractIklan layanan masyarakat merupakan salah satu strategi yang digunakan pemerintah untuk menyosialisasikan program pembangunan. Di tingkat nasional, pemerintah lebih memilih televisi sebagai media beriklan. Adapun di daerah, pemerintah biasanya cenderung memilih iklan yang berbiaya lebih murah. Di Banyumas, iklan layanan masyarakat banyak menggunakan media luar ruang seperti baliho, spanduk, ataupun poster. Kelebihan media luar ruang yang mengutamakan desain dalam menarik perhatian menjadi tantangan bagi pengiklan. Di sisi lain, pesan-pesan pembangunan juga membutuhkan ruang dalam iklan layanan masyarakat. Menarik untuk dikaji bagaimana eksekusi desain iklan luar ruang layanan masyarakat tersebut dalam usaha menggabungkan antara desain dengan pesan yang hendak disampaikan. Penelitian ini  berusaha untuk mengkaji aspek desain dengan menggunakan metode interpretasi komposisi dan verbalisasi iklan luar ruang dengan metode analisis wacana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa desain iklan layanan masyarakat pemerintah masih perlu diperbaiki sesuai acuan dalam kaidah-kaidah desain komunikasi visual.
Publisher NameJurnal Penelitian Komunikasi
Publish Date2013-07-31
Publish Year2013
Doi
Citation
SourceJurnal Penelitian Komunikasi
Source IssueVol 16, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 16 No. 1 Tahun 2013
Source Page
Urlhttp://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpk/article/view/105
AuthorDr AGUS GANJAR RUNTIKO, S.Sos, M.Si
File198465.pdf