Title | Implementation of School-Based Management Through a Culture of Literacy in Elementary Schools |
Author Order | 2 of 3 |
Accreditation | 4 |
Abstract | Budaya literasi merupakan salah satu bagian pendukung implementasi manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Laweyan, Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi di sekolah dasar telah dilaksanakan dengan baik yang dimulai dengan keteladanan dicontohkan oleh guru dan kepala sekolah, ketersediaan program kerja sekolah, pengembangan gerakan literasi melalui kerjasama dengan seluruh warga sekolah, dan pembiasaan dilakukan melalui membaca 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Simpulan penelitian ini yaitu sekolah dasar di Laweyan telah melaksanakan manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi dengan baik pada semua jenjang kelas.ÃÂ |
Publisher Name | Universitas Sebelas Maret |
Publish Date | 2019-12-31 |
Publish Year | 2019 |
Doi | DOI: 10.20961/jdc.v3i2.35349 |
Citation | |
Source | DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik |
Source Issue | Vol 3, No 2 (2019): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik |
Source Page | 238-247 |
Url | https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/35349/25559 |
Author | HARTONO, M.Si |
File | 1942207.pdf |
---|