Garuda Documents : PENGARUH KEMIRINGAN PIPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS PAKCOY (Brassica rapa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK NFT (Nutrient Film Technique)

TitlePENGARUH KEMIRINGAN PIPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS PAKCOY (Brassica rapa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK NFT (Nutrient Film Technique)
Author Order of
Accreditation5
AbstractPipa nutrisi pada sistem hidroponik NFT harus dipasang miring agar terjadi aliran mengikuti gravitasi. Tingkat kemiringan pipa akan berkorelasi dengan kecepatan aliran nurtisi dari ujung yang lebih tinggi posisinya. Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui interaksi antara tingkat kemiringan pipa dan varietas yang sesuai pada budidaya pakcoy dengan sistem hidroponik NFT, (2) mengetahui pengaruh kemiringan pipa terhadap pertumbuhan dan hasil pakcoy pada sistem hidroponik NFT, dan (2) mengetahui perbedaan pertumbuhan dan hasil tiga varietas pakcoy pada sistem hidroponik NFT. Penelitian dilaksanakan di rumah plastik, stasiun percobaan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto dengan ketinggian tempat 110 meter di atas permukaan laut, mulai bulan Mei sampai Agustus 2020. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu rancangan petak terbagi (split plot) dengan rancangan lingkungan acak kelompok yang terdiri dari dua faktor. Petak utama yaitu tingkat kemiringan pipa (K1= 4%, K2=7%, dan K3= 10%) dan anak petak yaitu varietas pakcoy meliputi V1= Nauli F1, V2=Green Fortune, dan V3= Green Fut Choy. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapatinteraksi antara tingkat kemiringan pipa dengan varietas pakcoy terhadap semua variabel pengamatan, tingkat kemiringan pipa 4% pada sistem hidroponik NFT paling sesuai bagi pertumbuhan pakcoy berdasarkan variabel tinggi tanaman, bobot brangkasan segar, dan bobot tajuk segar. Varietas Nauli F1 pertumbuhannya paling tinggi menurut variabel jumlah daun, bobot brangkasan segar dan kering maupun bobot tajuk segar dan kering.
Publisher NameUNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” YOGYAKARTA
Publish Date2021-02-04
Publish Year2020
DoiDOI: 10.31315/agrivet.v26i2.4012
Citation
SourceJurnal Agrivet
Source IssueVol 26, No 2 (2020): AGRIVET
Source Page
Urlhttp://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/agrivet/article/view/4012/3243
AuthorDr. KHAVID FAOZI, S.P, M.P
File1930975.pdf