Garuda Documents : Evaluasi Tes Catur Wulan di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru

TitleEvaluasi Tes Catur Wulan di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru
Author Order1 of 2
Accreditation
AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tes cawu di Madrasah Aliyah kodya Pekanbaru. Penelitian dilakukan untuk mengetahui proses pembuatan butir soal tes cawu dan kualitas perangkat tes cawu. Untuk mengetahui proses pembuatan butir soal dilakukan analisis deskriptif terhadap guru-guru pembuat butir soal, sedangkan kualitas butir soal diukur dengan analisis empiris hasil tes cawu berupa lembar jawaban asli siswa yang dipilih secara random. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesenjangan (Discrepancy Model), yakni penilaian kesenjangan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara keadaan ideal secara teoritik dengan kondisi yang sesungguhnya. Analisis butir soal bentuk objektif dilakukan dengan komputer yakni dengan program item and analysis (ITEMAN). Sedangkan analysis butir soal bentuk essay dengan perhitungan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembuatan butir soal tes cawu belum mengikuti langkah baku dalam membuat tes yang standar. Butir soal yang digunakan belum pemah diuji coba dan dianalisis, sehingga karakteristik butir soal tidak diketahui. (2) Perangkat tes cawu yang digunakan oleh Madrasah Aliyah kodya Pekanbaru masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil analisis empiris lembar jawaban asli siswa. Rendahnya kualitas butir tes cawu yang digunakan oleh Madrasah Aliyah kodya Pekanbaru sebenamya merupakan konsekuensi dari proses pembuatan butir soal yang tidak mengikuti langkah-langkah ideal secara teoritik dalam membuat soal.
Publisher NameGraduate School, Universitas Negeri Yogyakarta
Publish Date2004-01-01
Publish Year2000
DoiDOI: 10.21831/pep.v2i3.2093
Citation
SourceJurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Source IssueVol 2, No 3 (2000)
Source Page
Urlhttps://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/2093/1740
AuthorHARTONO, M.Si
File1771669.pdf