Abstract | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter dan mengubah perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 75,23% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 14.23% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter. Kata kunci: keterampilan bercerita, media film animasi, dan nilai-nilai karakter |