Garuda Documents : PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA VII A SMP NEGERI 3 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TitlePENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA VII A SMP NEGERI 3 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Author Order of
Accreditation3
AbstractABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter dan mengubah perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Mandiraja. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 75,23% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 14.23% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran bercerita dengan menggunakan media film animasi bermuatan nilai-nilai karakter.   Kata kunci: keterampilan bercerita, media film animasi, dan nilai-nilai karakter
Publisher NameJurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Publish Date2020-05-11
Publish Year2020
DoiDOI: 10.15294/jpbsi.v9i1.34243
Citation
SourceJurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Source IssueVol 9 No 1: Mei 2020
Source Page42-48
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/34243
AuthorLALITA MELASARIANTI, M.Pd
File1733680.pdf