Garuda Documents : PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BENGKEL SASTRA

TitlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BENGKEL SASTRA
Author Order of
Accreditation3
AbstractABSTRAKPenelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMP Negeri 4 Purwokerto. Pelaksanaan siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan kualitas proses selama dua siklus dilihat dari aspek keaktifan peserta didik sebesar 65% dan 78%, perhatian peserta didik sebesar 68% dan 80%, dan keterlaksanaan peserta didik sebesar 69% dan 81%. Peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik dapat dibuktikkan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 69,81 dan siklus II sebesar 79,59. Dengan demikian, penerapan model bengkel sastra dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto.
Publisher NameLecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang
Publish Date2020-05-20
Publish Year2020
DoiDOI: 10.22219/jinop.v6i1.10470
Citation
SourceJINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Source IssueVol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Source Page
Urlhttp://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/10470
AuthorVERA KRISNAWATI, S.S., M.Pd
File1713219.pdf