Garuda Documents : PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-SUNNAH : KAJIAN ATAS ISTILAH TARBIYAH, TAKLIM, TADRIS, TA’DIB DAN TAZKIYAH

TitlePENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-SUNNAH : KAJIAN ATAS ISTILAH TARBIYAH, TAKLIM, TADRIS, TA’DIB DAN TAZKIYAH
Author Order of
Accreditation
AbstractAbstract. The purpose of this study is to identify the synthesis of education in the interpretation of thematic studies of terms containing educational connotations. This article is the result of a literary study (literature) about terms that connotes education in al-Qur'an and al-Sunnah, namely tarbiyah, taklim, tadris, ta?dib and tazkiyah. This research is library research, with a content analysis approach. This study concludes that the five terms that connote to education in their contexts describe the concept of education in a whole synthesis, which is in line with the dynamics of humanity as God?s representative on earth. The five terms are identical with the term da?wah and all its connotations, which indicate that education is an accumulation of Islamic da?wah. The results of this study can be used to formulate the vision, mission and goals of all disciplines and at all levels of education, both formal and nonformal. Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sintesa pendidikan dalam interpretasi kajian tematik istilah-istilah yang tercakup dalam konotasi pendidikan. Artikel ini adalah hasil dari kajian literer (pustaka) tentang istilah-istilah yang berkonotasi dengan pendidikan, yaitu tarbiyah, taklim, tadris, ta?dib dan tazkiyah dalam al-Qur?an dan al-Sunnah. Jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekataan content analysis (kajian isi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelima istilah yang berkonotasi dengan pendidikan tersebut dalam konteksnya masing-masing mendeskripsikan konsep pendidikan dalam sintesa yang utuh, yang searah dengan dinamika kemanusiaan sebagai wakil Tuhan di muka bumi. Kelima istilah tersebut identik dengan istilah dakwah dan seluruh konotasinya, yang menunjukkan bahwa pendidikan merupakan akumulasi dari dakwah Islam. Hasil dari kajian ini dapat digunakan untuk merumuskan visi, misi dan tujuan dari segala disiplin keilmuan dan pada seluruh jenjang pendidikan, baik formal maupun nonformal.
Publisher NameUniversitas Pendidikan Indonesia
Publish Date2019-11-30
Publish Year2019
DoiDOI: 10.17509/t.v6i2.21273
Citation
SourceTARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education
Source IssueVol 6, No 2 (2019): November 2019
Source Page193-209
Urlhttps://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/21273
AuthorDr. E. NAJMUDIN, S.E., M.Si
File1609590.pdf