Garuda Documents : DESKRIPSI HABITUS DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK IPS SEKOLAH DASAR

TitleDESKRIPSI HABITUS DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK IPS SEKOLAH DASAR
Author Order1 of 1
Accreditation
AbstractArtikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan habitus yang digambarkan dalam BSE mata pelajaran IPS SD. Keberadaan habitus tersebut diobservasi dalam beberapa kalimat dan gambar yang disajikan dalam BSE. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan memanfaatkan BSE IPS SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian materi dalam BSE IPS SD Iebih banyak menggambarkan atau menyajikan habitus kelas atas. Inilah yang ke-mudian disebut sebagai mekanisme kekerasan simbolik melalui materi pelajaran di sekolah. Kekerasan simbolik terjadi ketika siswa dari kelas bawah dipaksa untuk mempelajari habitus kelas atas.Mekanisme ini dapat terlihat jelas dalam beberapa kalimat dan gambar dalam BSE IPS yang sebagian besar hanya menggambarkan gaya hidup (habitus) masyarakat kelas atas. Sementara gaya hidup kelas bawah, sedikit sekali digambarkan dalam BSE IPS. Fenomena ini mengindikasikan terjadinya ketimpangan sosial dalam materi pelajaran. Habitus kelas bawah, mendapat porsi yang sangat sedikit dalam materi BSE. Kata kunci: habitus, BSE, sekolah dasar, IPS, kekerasan simbolik
Publisher NameYogyakarta State University
Publish Date2015-03-04
Publish Year2012
DoiDOI: 10.21831/socia.v11i02.3610
Citation
SourceSOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Source IssueVol 9, No 2 (2012): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Source Page
Urlhttps://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/3610/3087
AuthorDr. NANANG MARTONO, S.Sos, M.Si
File1508492.pdf