Garuda Documents : Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat

TitlePenerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat
Author Order of
Accreditation
AbstractBerawal dari rendahnya prosentase jumlah siswa untuk mencapai tuntasbelajar pada pembelajaran matematika khususnya geometri. Terdapat satukegiatan yang merupakan komponen kegiatan pembelajaran yang berfungsiganda yaitu penyusunan learning journal oleh siswa. Di satu pihak berfungsisebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran dan di lain pihak sebagaiinstrumen penilaian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektifitas penerapan teknik penilaian learing jurnal padamodel pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas VII pada materi pokok segiempat.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 3Karanglewas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes danmetode observasi yang kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasilpenelitian.Presentase ketuntasan hasil belajar siswa untuk aspek pemecahanmasalah pada siklus I = 78.79% dan siklus II = 90.91%. Presentase ketuntasanhasil belajar untuk aspek keaktifan siswa pada siklus I = 78,79 % dan siklus II =87,88 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik penilaian learningjournalpada model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasilbelajar siswa kelas VII C SMPN 3 Karanglewas pada materi segiempat efektif. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, learning journal.
Publisher NameJurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema
Publish Date2011-06-07
Publish Year2011
DoiDOI: 10.15294/kreano.v2i1.1246
Citation
SourceKreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Source IssueVol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Source Page57-71
Urlhttp://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/1246
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File136813.pdf