Garuda Documents : HARMONISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA MILENIAL (MELEK IT VS MENGAJAR DENGAN HATI)

TitleHARMONISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA MILENIAL (MELEK IT VS MENGAJAR DENGAN HATI)
Author Order of
Accreditation4
AbstractAbstrak Kehadiran  perangkat teknologi canggih pada saatnya akan menjadi air bah tak bisa  dibendung yang akan memasuki dunia pendidikan, membanjiri kampus-kampus, sekolah -  sekolah di Indonesia, masuk ke ruang kelas - kelas kita. Pada era milenium seperti sekarang ini, banyak tantangan yang dihadapi oleh para pendidik yaitu khususnya dosen di kampus, guru di sekolah dan orangtua di lingkungan keluarga. Persoalan  - persoalan mendasar seperti pembentukan karakter, kedisiplinan,  membangun semangat nasionalisme, membentuk akhlak siswa hanya bisa  dilakukan seorang guru/dosen. Sebab kehebatan dan kemuliaan para guru/dosen tak  kan pernah tergantikan oleh kehadiran sang robot pintar. Bedanya manusia  punya sepotong 'hati' sementara sang robot pintar tak memilikinya. Hati  para guru/dosen yang akan mengisi ruang kosong para siswa menjadi bangunan  indah yang diharapkan. Ruang kosong itu bernama akhlak dan kepribadian. Kehebatan  seorang guru/dosen akan tetap menjadi daya dorong untuk melahirkan pribadi -  pribadi unggul berkarakter, berkepribadian Indonesia.Artikel ini, dengan menggunakan metode kualitatif dan penjelasan yang analisis-deskriptif, mencoba mengkaji tentang bagaimana seharusnya seorang guru/dosen melakukan proses pembelajaran di era milenial. Hasil kajian menunjukan bahwa diperlukan adanya harmonisasi antara kemampuan para guru/dosen untuk menguasai teknologi (melek IT) dan harus tetap mengajar dengan hati juga dalam segala prosesnya guna terciptanya atmosfir pendidikan yang kondusif di lingkungan keluarga, kampus, sekolah dan masyarakat.Kata kunci: Harmonisasi, Proses Pembelajaran, Era Milenial
Publisher NameFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publish Date2019-11-28
Publish Year2019
DoiDOI: 10.31002/ijel.v3i1.1725
Citation
SourceIndonesian Journal of Education and Learning
Source IssueVol 3, No 1 (2019): Indonesian Journal of Education and Learning
Source Page301-307
Urlhttp://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/view/1725
AuthorNOVITA PRI ANDINI, M.Pd
File1239073.pdf