Garuda Documents : PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA

TitlePENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA
Author Order3 of 3
Accreditation4
AbstractPengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains pada MateriLarutan Penyangga telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri3 Palembang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Berbasis  Keterampilan  Proses  Sains  pada   Materi  Larutan  Penyangga   yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan Rowntree dan dimodifikasi dengan evaluasi Tessmer. Kevalidan bahan ajar diperolah dari tiga ahli yaitu ahli pedagogik, materi, dan desain.  Kevalidan  pedagogik  diperolah  rerata  sebesar  0,78  dengan  kategori validitas tinggi, kevalidan materi diperoleh rerata sebesar 0,67 dengan kategori validitas tinggi ,dan kevalidan desain modul diperoleh rerata sebesar 0,58 dengan kategori validitas cukup. Kepraktisan modul dilihat dari skor rerata angket pada tahap one to one dan small group. Skor rerata kepraktisan adalah 0,80 dengan kategori kepraktisan tinggi. Keefektifan modul dapat dilihat dari hasil tes belajar yang dilakukan pada tahap field test. Pada tahap field test didapatlah n-gain sebesar0,68   dengan   kategori   keefektifan  sedang.   Dari  nilai  yang  telah   diperolehmenunjukkan bahwa modul berbasis keterampilan proses sains telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Publisher NameChemistry Education Study Program Sriwijaya University
Publish Date2019-06-22
Publish Year2018
DoiDOI: 10.36706/jppk.v5i1.8416
Citation
SourceJurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia
Source IssueVol 5, No 1 (2018)
Source Page45--55
Urlhttps://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/8416/pdf
AuthorHARTONO, M.Si
File1031563.pdf