Garuda Documents : “RUMAH LANGIT” HARAPAN PENDIDIKAN ANAK MARJINAL

Title“RUMAH LANGIT” HARAPAN PENDIDIKAN ANAK MARJINAL
Author Order2 of 2
Accreditation
AbstractPemberdayaan masyarakat tidak hanya berkaitan dengan desa saja, melainkan di kota besar dengan fasilitas yang terjangkau juga masih memerlukan pemberdayaan. Salah satu contohnya adalah pemberdayaan dalam bidang pendidikan di perkotaan yaitu Rumah Langit. Tempat ini merupakan rumah belajar yang dalam penerapannya melakukan pemberdayaan bidang pendidikan untuk anak marjinal di perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Rumah Langit sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat dalam bidang pendidikan untuk anak marjinal di Kampung tengah, KramatJati, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasaran penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pemberdayaan Rumah Langit: [1] penyadaran, Rumah Langit memberikan beberapa strategi untuk para murid semangat dan terdorong untuk melakukan perubahan. [2] pengkapasitasan, yang terdiri dari tiga cakupan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berperan menjadi fasilitator di sana, pengelolaan organisasi yang terdiri dari anggaran dan bentuk kerjasama, serta sistem nilai yang dijadikan pedoman di Rumah Langit. [3] pemberdayaan, yang di mana mereka para penerima manfaat akan diberikan daya atau peluang sesuai dengan kualitas diri mereka, Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu bentuk pemberdayaan di Rumah Langit memiliki tiga tahapan antara lain, penyadaran, pengkapasitasan, dan pemberdayaan. Dalam menjalankan bentuk pemberdayaan tersebut juga memiliki faktor yang medorongjalannya pemberdayaan dan faktor penghambar dalam jalannya kegiatan tersebut. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu, diharapkan dapat memberikan gambaran serta sumbangsih pengetahuan bagi kalangan akademisi, aktivis, dan masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Bidang Pendidikan, Anak Marjinal.
Publisher NameFakultas ISIP Jurusan Sosiologi - Universitas Jenderal Soedirman
Publish Date2022-08-04
Publish Year2021
Doi
Citation
SourceJurnal Interaksi Sosiologi
Source IssueVol 1 No 1 (2021): Jurnal Interaksi Volume 1 Nomor 1 2021
Source Page42-66
Urlhttp://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/6554/3286
AuthorDr RILI WINDIASIH, M.Si
File3586321.pdf